Empat cara melepas

Minggu, 12 Juli 2015


Entah Anda bermeditasi atau tidak, entah Anda beragama Buddha,Kristiani, Muslim, Hindu atau apapun, kita masing-masing dari waktu ke waktu, harus belajar cara melepas. 

ada 4 cara melepas, yaitu:

1. Hanya menaruh 1 pikiran dalam 1 waktu.
Memikirkan banyak hal dalam satu waktu, apalagi hal-hal yang bertentangan bisa membuat fokus kita berkurang. Fokus berkurang bisa membuat kinerja dan konsentrasi kita berkurang. 

2. Terimalah kenyataan bahwa kita berada disini, sekarang. 
Hal ini mengingatkan saya pada teori "The Power of Now" nya seorang penulis buku -yang saya lupa namanya-, bahwa dengan menerima, fokus, dan merasakan saat sekarang, kita akan bisa fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan. Pikiran kita tidak terbang ke masa lalu maupun dibayang-bayangi ketakutan akan masa depan. 

3. Memberi tanpa balas jasa.
Berilah sesuatu yang baik dengan rasa ikhlas, tanpa harus memikirkan apa yang akan kita dapatkan ataupun kepemilikan apa yang akan berkurang setelah kita memberi itu. Dengan demikian, kembali kita akan fokus pada memberi, total dalam memberi, menikmati saat-saat memberi itu, dan melepas segala kekhawatiran akan apa yang hilang dan apa yang akan didapatkan.

4. Memiliki batin ala "Teflon", tidak melekat. 
Kita pasti pernah mengalami masa bahagia dan juga tidak bahagia. Cukup lepaskan saja semua perasaan itu. Rasa bahagia sekalipun, jangan dirasakan terlalu lama karena bisa berdampak pada kekecewaan saat kita bertemu dengan kesedihan. Memang suatu kegagalan harus dijadikan pelajaran, dan suatu kebahagiaan bisa terus dikenang, tapi janganlah terlalu melekat pada keduanya. Jika kita tidak melekat padanya, maka kita akan bisa bebas dan siap dengan apapun di depan kita. Secepat mungkin kita melepas, secepat itu pula kita akan merasa bebas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Project Motivasi © 2015 | Designed by Interline Cruises